Laman

Life Must Go On !

Life Must Go On !
Tulis apa yang ingin kau kerjakan, kerjakan apa yang telah kau tulis !

May 13, 2017

Kiat-kiat Menyambut Bulan Ramadhan

Allah Swt berfirman di dalam surat Al-Baqarah ayat 183,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“ Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertaqwa.”

Sahabat, Ramadhan tinggal menghitung hari.
MasyaAllah❤
Bulan yang paling ditunggu, bulan paling mulia, semoga kita semua bisa sampai dan dipertemukan dengan Ramadhan.
Karena, kalian pasti sudah tahu bahwa bulan Ramadhan ini adalah bulan dilipatgandakannya semua amalan. Dibuka semua pintu surga, ditutup semua pintu neraka, dan bulan pengampunan bagi hamba yang bertaubatan nasuha.

Terlebih, yang paling spesial adalah di Bulan ini tepat turunnya Al-Qur'an petunjuk umat Islam sedunia. hanya di bulan Ramadhan-lah kita merasakan nikmatnya menanti azan maghrib dan kita bisa menjalankan ibadah Teraweh setelahnya. Ya, hanya ada di Bulan yang mulia ini. Plus-plus-plusnya juga adalah bulan Ramadhan memiliki satu malam yang lebih baik dari 1000 bulan yaitu malam Lailatul Qadar. MasyaAllah.

Nah, supaya nanti shaum kita semangat, manfaat dan barokah, yuk dari sekarang kita perbanyak amalan-amalan yang mampu menunjang dalam menjalankan shaum Ramadhan...
Ada beberapa amalan yang harus kita persiapkan dan lakukan dari sekarang.
Apa saja?

Pertama, Jasadiyah.
Sebelum shaum, jelas, kita perlu mempersiapkan jasad kita, fisik kita, supaya kuat untuk shaum dari sejak terbit hingga terbenam matahari.
Jadi, dari mulai sekarang latih tubuh kita dengan olahraga supaya kuat menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. Jika nanti kita sakit, maka kita tidak bisa menikmati indahnya bulan Ramadhan ini.
Selain kesehatan tubuh kita, jaga juga kebersihan lingkungan, rumah, mesjid dan lainnya agar semua tetap sehat dan indah saat Ramadhan tiba.

Kedua, fikriyah.
Selain tubuh yang sehat, ilmu pengetahuan pun musti disiapkan juga. Dimulai dari sekarang kita siapkan ilmu2 tentang amalan2 apa saja yg membuat shaum kita menjadi barokah, berpahala dan apa saja yg tidak boleh dilakukan agar shaum kita tidak sia-sia. Perbanyak tarbiyah dengan ikut kajian, seminar islami dan lain sebagainya yg mampu menghidupkan fikriyah kita. Karena, shaum juga membutuhkan ilmu lhooh. Agar tidak ada kesalahan dalam menjalankannya.

Dan yang ketiga paling penting dan utama adalah Ruhiyah.
Ruhiyah ini kita musti dan harus dilatih dari sekarang seperti shaum sunah untuk melatih kita supaya shaum nanti sudah terbiasa, shalat sunah seperti dhuha, tahajud, salat rawatib yang jika dari sekarang mulai dilakukan insyaAllah pas Ramadhan menjadi ringan dilaksanakan karena kita sudah terbiasa. Shalat tepat waktu dibarengi dengan zikir, bershalawat dan perbanyak do'a-do'a.

Nahhh, itulah beberapa amalan yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan mulia, bulan Ramadhan.
Jangan lupa, siapkan mental juga yaaa, minta maaf kepada orang tua, keluarga, sahabat dan tetangga agar shaum kita tidak terhalang oleh niat dan prasangka buruk.
Juga, jadikan bulan Ramadhan ini sebagai ajang peningkatan prestasi ibadah, dan sebagai bulan taubat.

Serta, jangan lupa untuk evaluasi diri, bermuhasabah kepada Allah SWT atas segala kesalahan yang pernah kita perbuat di waktu-waktu yang lalu. Semoga dengan kita bertaubat dari sekarang, terutama di bulan Ramadhan, bisa menjadikan diri ini menjadi lebih baik lagi.

​Dari Abu Hurairah ra diriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda: “ Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa didalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan para setan diikat; juga terdapat pada bulan ini satu malam yang lebih baik dari pada seribu bulan. Barang siapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka dia tidak memperoleh apa-apa. “
(HR. Ahmad dan An-nasa’i )

Barakallah, semoga kita semua bisa dipertemukan dan bisa menjalankan shaum di bulan Ramadhan tahun ini. Aamiin Ya Allah Ya Rabbal'aalamiin.

Jazakumullah~

2 comments:

Eksapedia said...

Alhamdulillah.. bentar lagi Ramadhan,, saatnya nambang pahala sebanyak banyaknya :-)

Siti Robiah Adawiyah said...

Semoga menjadi pribadi yang lebih baik lagi yaaa, semangat Ramadhan karena Allah!! ^^9