Laman

Life Must Go On !

Life Must Go On !
Tulis apa yang ingin kau kerjakan, kerjakan apa yang telah kau tulis !

July 15, 2014

Kerinduan Ramadhan


BIMBANG (MAWADDAH)

Tuhan, mengapa aku ini? Aku berlainan dari orang lain.
Setiap kedatangan Ramadhan, mereka menyambut dengan gembira, mereka kelihatan ceria.
Tapi aku berlainan, kedatangan Ramadhan penuh duka.
Bukan aku benci bulan-Mu, yang penuh Rahmat dan Berkah.
Tapi aku benci diriku, aku bimbang Ramadhan-Mu, aku tidak mengisi sebaiknya, aku rasa puasaku tidak sempurna, ampunilah aku Tuhan.
Aku rasa sembahyangku tidak sah, teraweh, bacaan Al-Qur’an, aku tidak sampai kemana.
Tuhan itulah menyelubungi hatiku, setiap kali kedatangan Ramadhan.
Adakah satu kesalah ampunkan aku Tuhan
Maafkanlah aku Tuhan kalau itu satu kesalahan.
Pimpinlah aku betulkan sikapku.
Aku mohon keampunan dari-Mu, Tuhan.
Aku mohon keampunan dari-Mu, Tuhan.

<><><><><><><><><><> 

Ini adalah tahun kedua di mana Ramadhanku terasa nyaman dari segala gangguan. Bukan gangguan syetan, tapi gangguan nafsu yang selalu membayangiku. Aku bahagia pada bulan Ramadhan tahun ini. Aku bahagia karena masih dipertemukan dengan bulan yang mulia ini oleh-Nya.

Aku bertekad  untuk memperbaiki apa yang tidak harus aku lakukan lagi di bulan suci ini. Aku berjanji akan menjaga shaumku hingga aku diberikan lagi kesempatan bertemu dengan bulan yang mulia ini. Entah apa yang membuatku mengatakan bahwa aku sangat ingin sekali bertemu dengan Ramadhan ini. Alasannya hanya satu, aku ingin memperbaiki segala hal yang buruk yang pernah aku lakukan di bulan-bulan yang sebelumnya.

Mungkin banyak teman yang bahagia pun dengan datangnya bulan yang mulia ini. Apa kalian memang benar-benar bahagia? Atau hanya sekedar bahagia? Aku tidak begitu. Terkadang aku bersedih dengan datangnya bulan Ramadhan ini. Mengapa? Aku teringat akan satu lagu nasyid yang dibawakan oleh mawaddah yang aku tuliskan di page paling atas. Betapa meruginya diri kita disaat diberi kesempatan bertemu kembali dengan bulan Ramadhan, tapi kita tidak mengisi bulan mulia ini dengan sebaiknya. Mungkin aku sadar dengan mendengarkan lagu yang sungguh membuat kita mengerti betapa berharganya bulan yang penuh berkah ini. Jika kita tidak mengisinya dengan kebaikan, sadarlah, apakah kita akan dipertemukan lagi?

Aku yakin, semua orang pasti menyadari satu hal jika Ramadhan berakhir selalu ada kesedihan yang menyeka hati dan pikiran. Apakah kita akan bertemu lagidengan bulan mulia ini? Satu tahun yang akan datang bukanlah waktu yang singkat. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Hanya Allah SWT yang mengetahui segala takdir yang akan terjadi pada kita. Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa. Itu saja. Maka dari itu, supaya kita tidak mengalami penyesalan yang lebih dalam, mari kita bersama memperbaiki diri ini mulai saat ini. Bertekadlah bahwa Ramadhan kali ini akan bahkan harus lebih  baik dari Ramadhan yang sebelum-sebelumnya.

Segala hal baik yang kita kerjakan saat bulan Ramadhan, Allah akan langsung membalasnya. Apakah kita akan menyia-nyiakan kesempatan yang sangat besar ini? Tentu saja tidak. Jika tidur pun mendapat pahala, bagaimana dengan membantu sesama mukmin di luaran sana? Pastinya akan lebih bermakna lagi.

Sahabat, tak ada bulan yang lebih special selain bulan Ramadhan. Hanya kita temukan di bulan Ramadhan inilah shalat terawih. Hanya kita rasakan di bulan inilah sahur bersama, walau kantuk dan dingin menggerogoti tubuh kita, tapi moment inilah yang menyatukan kita. Semua  bahagia ketika mendengar azan maghrib tiba dan itu hanya kita dapatkan di bulan Ramadhan ini. Tak ada amalan yang tak terhitung. Segalanya akan menjadi berkah jika kita mengisi shaum kita ini dengan sebaik-baiknya. Mengetahui hal itu, apa kita masih akan main-main dalam menjalankan ibadah di bulan ini? 
Jika Ramadhan berakhir, kerinduan pun akan berdatangan silih berganti. Kesedihan muncul di sana-di sini. Hanya satu yang semua inginkan adalah memohon agar dipertemukankan lagi dengan Ramadhan bulan mulia penuh rahmat dan berkah.

Sahabat, kembalilah sejenak untuk membaca sebuah lagu di atas yang mungkin akan mengunggah hati kalian semua, agar lebih bisa memanfaatkan waktu yang bisa kita lakukan di bulanRamadhan ini. Renungilah dengan seksama agar kita bisa mendalami arti dan makna dari isi lagu ini.
Semoga shaum kita di bulan Ramadhan ini berkah dan semoga kita semua dipertemukan lagi di bulan Ramadhan tahun depan.
MAN JADDA WAJADA!

No comments: